Pesona Wisata Kota Makassar

Pesona Wisata Kota Makassar

Pesona Indonesia Timur [ Kota Makassar ]

Ibukota Sulawesi Selatan, yang sebelumnya dikenal sebagai Ujung Pandang, memiliki luas 199,26 km2 dan merupakan kota terbesar kelima di Indonesia. Daerah ini yang dulunya bagian dari kerajaan Gowa kini telah menjadi daerah modern. Kota di ujung tenggara Pulau Sulawesi ini juga merupakan daerah akulturasi berbagai budaya, sehingga menjadi daerah multikultural yang terbuka untuk semua kelompok orang. Selain suasana kota yang modern, Anda dapat melakukan perjalanan mengunjungi berbagai daerah, atraksi dan tidak ketinggalan berbagai kuliner lokal Makassar yang memiliki rasa yang unik dan lezat.

Tradisi Daerah Makassar

Sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar tidak diragukan lagi menjadi rujukan untuk berbagai suku dan budaya. Kota ini dihuni oleh berbagai kelompok etnis mulai dari Makassar, Bugis, Toraja, Buton, Jawa dan Cina. Keragaman suku-suku ini membawa beragam tradisi dan diwariskan untuk kehidupan masyarakat setempat.

Tradisi permainan Ma’raga atau A’raga telah menjadi salah satu cabang olahraga tradisional yang sekarang jarang ditemukan. Permainan bola rotan berkelompok sambil mengenakan pakaian tradisional Passapu Patonro dulunya adalah permainan kaum bangsawan, tetapi sekarang studio-studio mempertahankannya. Game antarkelompok ini biasanya diiringi dengan irama drum untuk membangunkan suasana.

Serangkaian tarian tradisional seperti Tari Mappadendang, Gandrang Bulo dan tari Pepe-Pepeki, jadi Anda tidak boleh melewatkannya saat bepergian. Untuk menikmati pertunjukan penuh tradisi daerah, pastikan untuk datang ketika acara tahunan seperti Festival Losari, Festival Permainan Tradisional Makassar, Festival Komunitas Kreatif Makassar atau Pekan Mode Kecantikan Celebes diadakan.

Daya Tarik Wisata

Tidak lengkap rasanya bepergian tanpa merasakan keindahan kekayaan kekayaan alam Makassar. Panorama indah yang menggabungkan dataran tinggi dan daerah pesisir membuat Makassar layak dijelajahi selama berhari-hari. Anda dapat membuat serangkaian wisata alam di Makassar, membuat pilihan liburan Anda dan bergabung dengan alam yang tenang dan menantang. Ini adalah beberapa tempat wisata alam di Makassar yang harus Anda masukkan dalam daftar tujuan perjalanan Anda:

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (Taman Nasional Babul) adalah salah satu ikon pariwisata Makassar. Taman Nasional seluas 43.750 hektar tidak hanya menawarkan satwa liar dengan flora dan fauna, tetapi juga lanskap yang beragam dan menantang. Area taman nasional ini juga sering disebut sebagai Kerajaan Kupu-kupu karena ada lebih dari 250 spesies kupu-kupu di taman nasional Babul. Daerah yang didominasi oleh bukit karst juga memiliki lebih dari 80 gua alami yang tersebar di sepanjang daerah bukit kapur. Sementara itu, untuk eksplorasi gua, Anda dapat berkonsultasi dengan Gua Batu dan Gua Mimpi, yang juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Babul.

Baca Juga Tentang :

Pulau Samalona

Bagi Anda yang gemar berlibur di kawasan laut, jangan lewatkan Pulau Samalona. Pulau Samalona adalah pulau kecil yang terletak tidak jauh dari Pantai Losari, Makassar. Untuk menuju ke pulau yang indah ini, Anda dapat menyewa speedboat dan dibutuhkan sekitar 30 menit dari dermaga kota Makassar. Pulau kecil ini menawarkan perjalanan lengkap ke pantai, mulai dari pemandangan indah pasir putih, tempat menyelam dan menyelam, perairan jernih, dan pulau-pulau kuliner yang menggoda. Anda juga bisa bermalam di area pulau ini.

Tulang Sungai Pada’elo

Jika Anda menyukai wisata alam yang cenderung tenang, maka Sungai Pada’elo di distrik Bone dapat menjadi referensi Anda. Sungai berada di ngarai yang curam dan menawarkan pemandangan indah dari bebatuan yang dikombinasikan dengan warna matahari yang menyusup dari pinggiran bebatuan. Arus yang cenderung tenang memberi Anda kebebasan untuk menjelajahi aliran sungai ini. Selain itu, tempat ini jarang disentuh, jadi sudah sepantasnya Anda membuat tempat terpencil.

Pusat keramaian di Kota Makassar

Sebagai kota modern di bagian timur Indonesia, Makassar juga menawarkan berbagai pusat hiburan dan pusat kota. Pusat keramaian adalah pusat kehidupan masyarakat Makassar, dan sering menjadi referensi bagi wisatawan di malam hari. Di pusat kota Makassar, Anda dapat menemukan daerah ramai dan ini bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk berjalan.

  • Pantai Losari

Pantai Losari adalah ikon kota Makassar. Pantai yang selalu penuh sepanjang hari adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Selain menawarkan pantai yang indah, Pantai Losari juga dikenal sebagai lokasi kuliner atau makanan jalanan terpanjang di dunia. Beberapa makanan tradisional, makanan laut, dan makanan modern dapat ditemukan di seluruh wilayah pesisir ini.

  • Studio Trans

Bagi Anda yang menyukai game modern yang menantang adrenalin, Trans Studio Makassar dapat menjadi referensi wisata Anda. Daerah ini dikenal sebagai tempat liburan keluarga terbesar di Indonesia timur dan menyajikan berbagai permainan untuk semua umur. Lokasi ini cocok jika Anda dan grup Anda membawa anak-anak untuk bermain. Kawasan wisata modern ini menghadirkan berbagai landmark zonasi unik dengan berbagai permainan dan hiburan yang harus dicoba semua orang.

Wisata Kuliner di Kota Makassar

Bepergian ke Makassar, jangan lewatkan kelezatan kuliner yang memiliki citarasa autentik di sini. Makanan khas Makassar terkenal dengan beberapa hewan olahan dengan rasa rempah yang kuat. Salah satu ikon kuliner Makassar adalah Coto Makassar. Makanan ini adalah resep klasik yang menggunakan jeroan daging sebagai bahan utama. Isi perut ini dimasak dalam waktu lama dengan berbagai jenis bumbu dan rempah-rempah sampai lunak dan empuk. Rasanya sangat khas dan menyegarkan. Tapi sekarang Anda juga bisa bertemu pedagang Coto Makassar yang menggunakan daging sebagai isian.

Ada juga Ijo Ice Banana, yang sudah tidak asing lagi karena banyak menjual menu ini di bulan Ramadhan sebagai makanan berbuka puasa. Es pisang hijau khas Makassar terbuat dari bahan-bahan dasar yang dibungkus dengan tepung hijau daun suji atau daun pandan. Sambil menyajikan tambahkan bubur sumsum, es serut, dan sirup merah.

Ada juga mie kuliner unik di negeri Angin Mamiri ini. Namanya adalah mie Titi. Mie Titi adalah makanan ringan yang terbuat dari mie basah yang digoreng memiliki tekstur renyah seperti mie lengket. Penyajian menu kuliner ini menuangkan kaldu kental di atas mie ini. Rasa lezat dari saus kental yang dipadukan dengan rempah-rempah seperti lada dan bawang putih membuat mie ini terasa menyegarkan. Banyak yang menambahkan bakso ayam cincang, daging sapi dan ikan untuk melengkapi makanan ini.

Selain tiga poin kuliner sebelumnya, Makassar masih menawarkan banyak pilihan kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. Tetap saja, sup Konro yang kaya akan rempah-rempah, sup ubi yang menyegarkan, bahkan manisan pisang epe. Pastikan untuk menikmati berbagai produk kuliner selama perjalanan.